Rabu, 30 Januari 2013

Istri Berbisnis???Siapa Takut?! ^.^

Anda seorang istri?
Selama ini hanya mengandalkan pemberian suami?

Mau tampil beda?
Pingin tambah penghasilan?
Pingin membahagiakan suami dan anak-anak?

Belajar berbisnis yuk sahabat! ^.^

Perempuan yang sudah menikah itu sejatinya tidak punya kewajiban untuk menfakahi keluarganya walaupun ia memiliki harta atau penghasilan yang melimpah. Penghasilan dari seorang istri yang berbisnis atau bekerja merupakan hak pribadinya. Apabila harta tersebut ingin digunakan untuk membantu perekonomian keluarga, maka niatnya adalah bukan untuk menafkahi tetapi hanya untuk membantu sesama manusia saja.

Taat pada suami, mendidik anak dan mengurus rumah tangga itu memang harus kita utamakan dalam berumah tangga karena hal itu merupakan kewajiban seorang istri. Namun disamping itu boleh saja kita boleh saja kita berbisnis untuk turut serta membantu memajukan perekonomian keluarga.

Contoh riil tentang muslimah berbisnis tidak lain tidak bukan adalah Khadijah r.a. sang istri Rasulullah SAW. Beliau benar-benar sebuah tauladan yang mampu menyeimbangkan antara keluarga, bisnis dan negara. Subhanallah... ^.^

Masih bingung bagaimana cara memulai bisnis yang cocok untuk seorang istri?
Khawatir keluarga terbengkalai akibat bisnis kita?
Yuk mari sama-sama kita intip tips and triknya. 
Let's check this out, guys...


  1. Sebagai perempuan/muslimah, kita harus cerdas dalam memilih bisnis yang akan dijalankan. Tentu saja bisnis yang halal, sesuai dengan kemampuan kita, bisa dikerjakan dirumah dan tidak menyita banyak waktu untuk keluarga.
  2. Dalam berbisnis, kita dituntut untuk memiliki kemampuan personalia yang baik sehingga mulai dari sekarang ada baiknya kita bercermin diri dan melakukan aksi perbaikan diri. Jujur itu sangat diutamakan.
  3. Jadikan suami sebagai partner bisnis kita, namun tidak lantas kita memaksa suami untuk memodali bisnis kita.
  4. Luaskan jaringan agar bisnis kita semakin maju.
  5. Tetap seimbangkan antara berbisnis dan berkeluarga. Jangan sampai keluarga terbengkalai karena kita terlalu sibuk mengurus bisnis.
Yupz...itulah sekelumit tips and trik untuk para istri yang ingin berbisnis. Tentu saja masih banyak hal-hal lain yang perlu diperhatikan dalam menjalani bisnis yang tidak tertuang dalam daftar diatas. Namun semoga yang sedikit ini bermanfaat dan bisa dijadikan pertimbangan.

Pesan yang tidak kalah penting yaitu seorang istri itu harus memiliki jiwa mandiri dan juga harus memiliki perekonomian yang stabil agar kelak ketika suaminya dipanggil terlebih dahulu oleh Allah, maka sang istri tersebut masih dapat melangsungkan kehidupannya.
So, istri berbisnis??? Siapa takut?!

Wallahu a'lam...


Pict: google.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar