Selasa, 07 Mei 2013

Kitalah Fotografer Itu!

Beberapa hari ini saya meluangkan banyak waktu untuk menemani suami belajar tekhnik-tekhnik memotret.  Karena cita-citanya ingin mahir dalam memotret di luar ruangan, maka Kak Juan lebih sering mengajakku keluar rumah untuk melancarkan aksinya tersebut. Biasanya dia memilih tempat-tempat ramai, semisal jalan raya, tugu, alun-alun, benteng, dsb. Banyak hal yang dapat saya pelajari dari aktifitas menemani suami ini. Berikut beberapa baris hikmah yang berhasil saya rangkum. Semoga bermanfaat.

Sebelum kita membidikkan kamera pada sebuah objek, tentu kamera tersebut harus kita setting sesuai dengan kondisi ruangan, cahaya, keramaian objek, dsb. Dalam kehidupan ini, menyetting kamera itu ibarat ketika kita akan melakukan suatu hal atau pekerjaan tentu sebelumnya kita harus memiliki sebuah niat. Dari niat yang sudah tersetting tersebut pasti kita akan merasa lebih mudah dan ringan dalam megerjakan suatu pekerjaan.

Yang namanya orang memotret itu harus fokus ketika membidik sebuah objek. Melenceng atau lalai sedikit saja, pasti tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan dari objek yang dibidik tersebut. Begitu juga ketika kita mengerjakan sebuah pekerjaan. Setelah kita menyetting niat, kita juga harus fokus dalam mengerjakan pekerjaan tersebut. Urungkan sejenak untuk membidik pekerjaan lain yang mungkin lebih menarik agar konsentrasi kita tidak terpecah belah. Tak apalah sedikit keluar dari zona nyaman demi sebuah hasil yang optimal.

Kemudian, meskipun kita sudah merasa fokus dalam membidik sebuah objek, terkadang ada hasil jepretan yang kurang optimal. Misal gambar yang tampak kabur, pencahayaan yang kurang pas, dsb. Itu wajar menurut saya dan itulah resiko yang harus dialami seorang fotografer. Bila sudah seperti itu, seorang fotografer profesional ataupun orang yang sedang belajar fotografi biasanya akan mengedit gambar tersebut atau bahkan membuangnya sekalipun. Keluhan kekecewaan itu pasti akan muncul tapi apakah keluhan yang berlarut-larut akan memberikan solusi yang terbaik? Apakah dengan mengeluh, lantas hasil foto yang tadinya buruk bisa menjadi bagus? Tentu saja tidak. Nah dari sini kita bisa mengambil hikmah tentang perlunya kita mengatur diri untuk bisa menerima resiko-resiko yang akan terjadi dalam proses bekerja kita agar tidak muncul kekecewaan yang terlalu mendalam.

Well guys...dari hikmah yang saya petik ini, Insya Allah mulai sekarang saya tidak akan memprotes kinerja dan hasil karya Kak Juan suami tercinta saya karena memang dia sedang berada dalam sebuah proses pembelajaran. Dan tentu saja saya akan sangat mendukung hobi baru suami saya tersebut karena bagaimanapun, dalam hidup ini kita akan merasa kosong jika tidak memiliki keterampilan apapun. Harap maklum ya saudara-saudara jika melihat hasil jepretan kurang memuaskan yang terpajang di akun-akun jejaring sosial kami. Maklum kami masih belajar. \^.^/

Quotes by MJ:
Dalam menjalani kehidupan ini banyak sekali proses pembelajaran yang kita kerjakan. Dan proses pembelajaran itu ibarat akan memotret sebuah objek. Harus disetting sedemikian rupa dan fokus. Kitalah sang fotografer itu. Fotografer yang selalu ingin  mendapatkan hasil maksimal namun tidak akan mengeluh ketika tiba-tiba mendapatkan hasil minimal.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar